PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN PADA BISNIS DECEMBER RAIN FLEUR

Herlina Dewi SE

Abstract


Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan harus mengeluarkan usaha ekstra untuk memasarkan produk dan jasanya. Sebagai bisnis yang baru dirintis, December Rain Fleur (DRF) memiliki banyak kekurangan, terutama masalah pemasaran yang menjadi kendala berarti. Dari alasan tersebut maka bisnis ini dirasa penting untuk dievaluasi dan dibuatkan perencanaan strategi pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan, dapat bersaing dan berjalan dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis DRF, serta untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang tepat untuk diterapkan oleh bisnis DRF. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, pada objek penelitian bisnis December Rain Fleur. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM. Hasil analisis Matriks IFE menghasilkan nilai 2,29, dan Matriks EFE menghasilkan nilai 2,54. Posisi perusahaan menurut analisis Matriks IE berada pada kuadran V, yaitu bertahan dan memelihara. Hasil penelitian ini menghasilkan strategi pengembangan produk sebagai strategi terbaik untuk diterapkan bisnis DRF. Strategi ini berupaya untuk mencari peningkatan penjualan dengan memodifikasi produk yang ada atau mengembangkan yang baru. Kata kunci: strategi, pemasaran, internal, eksternal, matriks.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.