PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 - 2018)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas yang diproksikan dalam ROA, ROE, ROS dan EPS terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Adapun objek penelitian ini ialah perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sebanyak 165 sampel perusahaan manufaktur berhasil dikumpulkan. Analisis data menggunakan regresi liniear berganda dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ROA, ROE, dan ROS tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Sementara EPS berpengaruh positif terhadap Corporate Social Responsibility (CSR). Saat kenaikan laba menyebabkan naiknya EPS membuat perusahaan akan memperluas pengungkapan CSR agar semakin menarik minat investor untuk berinvestasi. Hal ini menandakan EPS menjadi indikator utama bagi shareholder untuk menilai kinerja perusahaan. Kata Kunci: Profitabilitas, Return on Asset, Return on Equity, Return on Sales, Earning Per Share, Pengungkapan Corporate Social Responsibility
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.