PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVES TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi Pada Konsumen Indomaret Kota Malang)

Angger Haryono SE

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Hedonic Shopping Motives terhadap Impulse Buying pada perushaan Retail Indomaret di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan atau membuktikan hubungan atau pengaruh antar variabel independen dan dependen. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 250 responden dimana penyebaran kuesioner dilaksanakan di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobabilty sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari responden yang berdomisili di Kota Malang atau menetap sementara di Kota Malang, berusia minimal 17 tahun, merupakan konsumen atau orang yang pernah berbelanja ke Indomaret di Kota Malang, dan pernah berbelanja produk secara tiba-tiba/spontan, Responden merupakan konsumen dari Indomaret yang pernah melihat iklan ataupun promo yang ada di Indomaret Kota Malang. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS ver. 24. Hasil analisis yang didapat dalam penelitian ini adalah Gratification Shopping berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying, Idea Shopping berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying, Adventure Shopping berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying, Social Shopping berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying, Role Shopping berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying dan Value Shopping berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying. Kata kunci: Hedonic Shopping Motives, dan Impulse Buying.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.