IMPLEMENTASI JAVELIN BOARD DAN LEAN STARTUP PADA STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK STARTUP DIGITAL BERBASIS APLIKASI DAN WEBSITE BIDANG PARIWISATA

Authors

  • Muhammad Yoga Sakti

Abstract

Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman keindahan alam, flora dan fauna serta beraneka ragam budaya yang semua dapat memberikan devisa bagi dunia negara melalui pariwisata. kunjungan wisatawan ke Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, baik dari wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestic. Hal ini mendorong munculnya startup pariwisata berbasis teknologi. Nusa-Go merupakan startup pariwisata yang berbasis teknologi yang memudahkan mitra tur local dan traveler dalam transaksi bisnis. Persaingan dalam dunia bisnis digital memaksa para pelaku bisnis digital untuk melakukan pengembangan produk dengan cepat, dan se-efisien mungkin. Perusahaan dikategorikan sukses apabila Perusahaan tersebut dapat memberikan produk yang sesuai dengan keinginan penggunanya. Kondisi ini yang melatarbelakangi penelitian ini dengan tujuan untuk validasi ide hingga implementasi strategi pengembangan demi mencapai productmarket fit. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, pada obyek penelitian Nusa-Go. Sumber data primer dari penelitian ini adalah melalui wawancara, dan data sekunder dari observasi. Metode Anallisis yang digunakan adalah The Lean Startup, dengan alat analisis Javelin Board dan Matriks SWOT. Hasil dari penelitian ini memberikan opsi strategi Nusa-Go, dimana fokus utama dari pengembangan adalah pengembangan UI/UX yang memudahkan pengguna dalam melakukan perencanaan, penghitungan, transaksi, hingga informasi pariwisata dalam aplikasi dengan tetap mempertimbangkan kondisi internal perusahaan. Kata kunci: startups, strategi, pengembangan usaha, The Lean Startups, Javelin Board.

Downloads

Published

2020-05-18

Issue

Section

S1 KEWIRAUSAHAAN