PENGARUH DIMENSI BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi pada pengguna Bukalapak di Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi brand ambassador yang terdiri dari
visibility, credibility, attraction, dan power terhadap minat beli konsumen pengguna Bukalapak di
Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory research yang menjelaskan hubungan
sebab akibat antar variable melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel
sebanyak 160 responden yang berusia minimal 17 tahun dan pernah berbelanja di Bukalapak
setidaknya satu kali. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan
metode purposive sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner
yang diukur dengan skala likert. Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan
reliabilitas. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. Analisis data dilakukan
menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan dimensi visibility, credibility, dan
attraction berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli konsumen pengguna
Bukalapak di Malang. Sedangkan dimensi power berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat beli konsumen pengguna Bukalapak di Malang.
Kata kunci: Brand Ambassador, Visibility, Credibility, Attraction, Power, Purchase Intention
visibility, credibility, attraction, dan power terhadap minat beli konsumen pengguna Bukalapak di
Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory research yang menjelaskan hubungan
sebab akibat antar variable melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel
sebanyak 160 responden yang berusia minimal 17 tahun dan pernah berbelanja di Bukalapak
setidaknya satu kali. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan
metode purposive sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner
yang diukur dengan skala likert. Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan
reliabilitas. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. Analisis data dilakukan
menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan dimensi visibility, credibility, dan
attraction berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli konsumen pengguna
Bukalapak di Malang. Sedangkan dimensi power berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat beli konsumen pengguna Bukalapak di Malang.
Kata kunci: Brand Ambassador, Visibility, Credibility, Attraction, Power, Purchase Intention
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.