PENGARUH CONTENT MARKETING, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN EVENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN VARIABEL MEDIASI CUSTOMER ENGAGEMENT (Studi Pada Pengunjung ON OFF Festival 2019)

PUTRI DINDA PERTIWI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing,
social media marketing, dan event marketing terhadap customer loyalty dengan variabel mediasi customer engagement pada pengunjung ON OFF Festival 2019. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabelnya melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 200 responden pengunjung ON OFF Festival 2019 yang mengikuti akun Instagram @onofffestival. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0. Dari hasil pengujian terhadap ketujuh hipotesis, dapat disimpulkan bahwa content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement. Social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement. Event marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement. Customer engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer
loyalty yang dimediasi oleh customer engagement. Social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty yang dimediasi oleh customer engagement. Event marketing beperngaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty yang dimediasi oleh customer engagement.
Kata Kunci: Content Marketing, Social Media Marketing, Event Marketing,
Customer Engagement, Customer Loyalty


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.