Analisis Pengaruh Komponen RGEC Terhadap Return on Assets

Alfathan Bahrudin Dani

Abstract


Realitasnya dengan beragamnya produk perbankan syariah yang sesuai kebutuhan, namun ketidakstabilan kesehatan bank ditemukan sebagai permasalahan utamanya. Apa yang dikenal dalam sistem perbankan konvensional dengan istilah Net Performance Loan (NPL) sedangkan perbankan syariah mengenalnya dengan Net Performance Finance (NPF), dari kedua faktor tersebut harus diatasi karena kedua faktor tersebut yang menentukan tingkat kesehatan bank. Urgensi penelitian ini adalah agar dapat melihat proyeksi peningkatan potensi penerimaan negara. Memberikan bukti bahwa manajemen Bank Syariah juga berkualitas dan profesional dalam menjalankan bisnisnya tidak seperti keraguan masyarakat. Mengoptimalkan peran perbankan syariah yang utama yaitu mendukung percepatan pertumbuhan dan pemerataan pertumbuhan ekonomi nasional. Sekaligus dapat mengukur kemandirian finansial masyarakat dengan upaya peningkatan pemerataan pembangunan.

Pada penelitian ini deskriptif kuantitatif di mana  jenis dari penelitian yang mengdapatkan hasilnya melalui syarat berprosedur statistik. Jenis data dalam skripsi ini adalah sekunder di mana diunduh dari website resmi PT Bank Syariah Mandiri yang sudah dipublikasi periode 2012 – 2019 triwulan 1 – 4 kecuali tahun 2019 hanya sampai triwulan 3. Analisis linier berganda yang digunakan. Regresi Linier berganda dipakai untuk memastikan relevansi sebab akibat antara variable terikat.

Hasil penelitian sesuai teori yang menyatakan bahwa Risk Profile yang merendah, maka profitabilitas bank  yang semakin tinggi meningkatkan ROA. Profil Risiko ini pun berdasarkan faktor pengelolaan bank yang membaik, Sehingga sudah optimal dalam penerapan manajemen risikonya. Begitu pula dengan GCG, Sejajar dengan teori di mana merendahnya GCG membuat tingginya ranking kualitas pengelola BSM untuk menumbuhkan profitabilitas perusahaan. Kemudian, CAR sangat erat kaitannya dengan ROA suatu perusahaan di mana company dapat secara leluasa menjalankan roda operasionalnya dengan statejik peningkatan profitabilitasnya melalui penggelontoran modal yang produktif.

 

Kata kunci: RGEC, Return on Assets, Regresi Linier Berganda


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.