PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DI KOPERASI KANINDO SYARI’AH CABANG DAU MALANG JAWA TIMUR INDONESIA

Muqaffi Abdillah SE

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan etika bisnis islam terhadap kepuasan anggota di Koperasi Kanindo Syari’ah cabang Dau Malang Jawa Timur Indonesia menggunakan variabel dari etika bisnis islam yaitu keadilan, kebebasan, tanggung jawab dan ihsan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90 responden dimana seluruhnya merupakan anggota pembiayaan di Koperasi Kanindo Syari’ah cabang Dau Malang Jawa Timur Indonesia. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuisioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis SEM-PLS (Structural Equation ModelPartial Least Square) dengan program SmartPLS versi 3.2.7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadilan dan kebebasan tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan anggota, sedangkan tanggung jawab, ihsan, dan transparansi berpengaruh positif terhadap kepuasan anggota. Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Kepuasan Anggota, Koperasi Kanindo Syari’ah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.