PENGARUH EMPLOYER BRANDING TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Karyawan Divisi Marketing PT. XYZ Cabang Surabaya)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan; 1) Pengaruh Employer Branding terhadap Employee Engagement PT. XYZ Cabang Surabaya, 2) Pengaruh Employer Branding terhadap Turnover Intention PT. XYZ Cabang Surabaya, 3) Pengaruh Employee Engagement terhadap Turnover Intention PT. XYZ Cabang Surabaya, 4) Pengaruh moderasi Employee Engagement memperkuat Employer Branding dan Turnover Intention PT. XYZ Cabang Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatori (explanatory research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 karyawan. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan metode disproportionate random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 44 orang dan dianalisis dengan teknik pengolahan data Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan studi pendahuluan, studi literatur, dan survei lapangan. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) employer branding memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement (2) employee engagement memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap turnover intention (3) employer branding memiliki pengaruh langsung yang negatif dan signifikan terhadap turnover intention (4) employee engagement merupakan variabel yang memoderasi dan memperkuat antara employer branding dan turnover intention. Kata kunci : Employer Branding, Employee Engagement, Turnover Intention
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.