PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, MANAJEMEN HUTANG, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Danang Aji Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, manajemen hutang, kebijakan dividen, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia. Pengaruh yang ingin diketahui adalah pengaruh langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 11 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jenis judgment sampling dengan pemilihan sampel dengan kriteria yang spesifik sehingga dapat relevan dengan desain penelitian yang dilakukan. Alat uji yang digunakan adalah uji asumsi klasik menggunakan bantuan SPSS. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa profitabilitas, manajemen hutang, kebijakan dividen memiliki pengaruh langsung secara signifikan terhadap nilai perusahaan serta memiliki pengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. sedangkan likuiditas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci : profitabilitas, likuiditas, manajemen hutang, kebijakan dividen, ukuran perusahaan, nilai perusahaan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.