PENGARUH DIMENSI GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Nadia Permata Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi good corporate governance terhadap manajemen laba pada perusahaan jasa sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2016-2018. Indikator dimensi good corporate governance yang digunakan dalam penelitian ini adalah transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan kewajaran atau kesetaraan. Populasi dalam penelitian ini adalah 43 perusahaan jasa sub sektor transportasi dan yang terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini adalah 14 perusahaan jasa sub sektor transportasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa transparansi berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, responsibilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, independensi berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, dan kewajaran tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Implikasi dari penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai manajemen laba dan cara mendeteksi tindakan manajemen laba, serta dapat memberi kontribusi positif untuk berbagai pihak terutama bagi pihak yang mendapat dampak langsung dari tindakan manajemen laba.

 

Kata kunci : good corporate governance, transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, kewajaran, manajemen laba.

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.