STUDI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMUNGUTAN PARKIR SEBAGAI PAJAK DAERAH KOTA MALANG (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Kota Malang)

Leny Nurfitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi pajak parkir Kota Malang yang dapat dilihat dari efektivitas dan kontribusi pajak parkir terhadap PAD, (2) sistem dan prosedur pemungutan pajak parkir, dan (3) hambatan dan solusi dalam pemungutan pajak parkir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan content analysis yang menggunakan teknik pengujian data berupa triangulasi data. Data yang diperoleh berasal dari data primer (berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara kepada staff Dispenda) dan data sekunder (berupa kepustakaan dan  jurnal)

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem desentralisasi fiskal (otonomi daerah) mewajibkan dan menganjurkan setiap daerah dapat membangun daerahnya secara mandiri. Oleh sebab itu, pemerintah Kota Malang selalu berusaha untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerahnya melalui pemungutan pajak parkirnya. Kondisi pajak parkir di Kota Malang dirasa kurang optimal, oleh sebab itu Dinas Pendapatan Kota Malang memerlukan sebuah sistem dan prosedur dalam proses pemungutan pajak parkirnya. Sehingga, semua hambatan yang mengakibatkan kurang optimalnya pendapatan pajak parkir dapat diberikan solusi yang tepat.

 

Kata Kunci : desentralisasi fiskal, pajak parkir, sistem pemungutan pajak parkir, prosedur pemungutan pajak parkir


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.