ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI TINGKAT PENGANGURAN TERBUKA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2014-2018

Shashabilla Ajeng Prayogo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur pada Tahun 2014-2018 baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode kuantitatif. Data panel yang digunakan dalam penelitian ini diolah menggunakan Microsoft Excel dan Stata 14. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan random-effect model.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa angkatan kerja dan tingkat pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur pada Tahun 2014-2018. Sebaliknya, upah minimum dan pertumbuhan ekonomi menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Upah minimum, angkatan kerja, dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif terhadap tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur pada Tahun 2014-2018, sedangkan tingkat pendidikan berpengaruh positif. Secara simultan upah minimum, angkatan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan tingkat pendidikan juga berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur pada Tahun 2014-2018.

 

Kata Kunci: Tingkat Pengangguran Terbuka, Upah Minimum, Angkatan Kerja, Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pendidikan

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.