Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Transaksi Belanja Online Via Platform Marketplace (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)
Abstract
Di era modern seperti saat ini, membuat semua aktivitas kehidupan sehari – hari seakan tidak lepas dari keberadaan teknologi. Salah satu yang sedang berkembang pesat adalah electronic commerce (e-commerce) melalui platform online marketplace. E-commerce sendiri menawarkan berbagai manfaat seperti efisiensi waktu dan biaya, kemudahan dalam mengakses, dan juga penawaran yang diberikan oleh masing-masing marketplace. Hal ini yang kemudian membuat adanya perubahan gaya hidup termasuk pada pola konsumsi yang dilakukan oleh individu tersebut dalam memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi transaksi belanja online via platform marketplace bagi mahasiswa atau generasi milenial. Penelitian yang dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya. Dengan total data yang dikumpulkan sebanyak 317 mahasiswa yang pernah melakukan transaksi belanja online. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa empat faktor untuk transaksi belanja online: uang saku, persepsi harga, trend, dan gaya hidup memiliki pengaruh yang signifikan positif. Kata kunci: belanja online, e-commerce, perilaku konsumen
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.