ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAAN PROVIDER INTERNET INDIHOME WILAYAH DENPASAR

Kadek Arie Fiantara

Abstract


PT. Telekomunikasi Indonesia.Tbk sebagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia mempunyai pelanggan sebesar selular sebanyak 104 juta kemudian telepon tetap sebanyak 15 juta. Besarnya kebutuhan akan telekomunikasi dan internet di Indonesia mengeluarkan inovasi layanan bernama Indihome. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh faktor-faktor variabel ekonomis terhadap permintaan indihome di wilayah Denpasar. Dalam penelitian ini menggunakan model path analysis, data primer diolah dan serta metode survei sebagai alat pengambilan sampel. Sample penelitian ini menggunakan rumah tangga pengguna indihome. Tujuan penggunaan analisis jalur dalam penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh lain di luar dependen serta independen yakni harapan masyarakat sebagai variabel antara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendapatan, jumlah anggota keluarga, harga indihome, harga barang subtitusi secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap harapan masyarakat. Kemudian pendapatan, jumlah anggota keluarga, harga indihome berpengaruh signifikan terhadap permintaan indihome di wilayah Denpasar, sedangkan harga barang subtitusi tidak berpengaruh signifikan terhadap indihome. Harapan masyarakat sebagai variabel intervening dapat menjadi jembatan harapan masyarakat terhadap kepuasan layanan internet yang telah disediakan indihome. Kata Kunci: telkom indonesia, permintaan indihome, pendapatan, harga indihome, analisis jalur, bumn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.