PENGARUH FAKTOR RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN, SOSIAL, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PREFERENSI MUZAKKI DALAM MEMILIH TEMPAT MEMBAYAR ZAKAT DI KOTA MALANG (STUDI KASUS MAJELIS TAKLIM ADZDZIKRI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor religiusitas, pengetahuan, sosial, dan kepercayaan terhadap preferensi muzakki majelis taklim adz-dzikri dalam memilih tempat membayar zakat di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Data yang diperoleh yaitu data primer yang berasal dari kuesioner dan data sekunder yang berasal dari artikel, buku, dan jurnal. Hasil dari peneltian ini menunjukkan bahwa variabel religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi muzakki dalam memilih tempat membayar zakat, variabel pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prferensi muzakki dalam memilih tempat membayar zakat, variabel faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prferensi muzakki dalam memilih tempat membayar zakat, variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prferensi muzakki dalam memilih tempat membayar zakat. Kata kunci: religiusitas, pengetahuan, faktor sosial, kepercayaan, preferensiDownloads
Published
2020-07-23
Issue
Section
S1 EKONOMI ISLAM
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).