PENGARUH FAKTOR RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN, SOSIAL, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PREFERENSI MUZAKKI DALAM MEMILIH TEMPAT MEMBAYAR ZAKAT DI KOTA MALANG (STUDI KASUS MAJELIS TAKLIM ADZDZIKRI)

Authors

  • Adelia Furqoni SE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor religiusitas, pengetahuan, sosial, dan kepercayaan terhadap preferensi muzakki majelis taklim adz-dzikri dalam memilih tempat membayar zakat di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Data yang diperoleh yaitu data primer yang berasal dari kuesioner dan data sekunder yang berasal dari artikel, buku, dan jurnal. Hasil dari peneltian ini menunjukkan bahwa variabel religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi muzakki dalam memilih tempat membayar zakat, variabel pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prferensi muzakki dalam memilih tempat membayar zakat, variabel faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prferensi muzakki dalam memilih tempat membayar zakat, variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prferensi muzakki dalam memilih tempat membayar zakat. Kata kunci: religiusitas, pengetahuan, faktor sosial, kepercayaan, preferensi

Downloads

Published

2020-07-23

Issue

Section

S1 EKONOMI ISLAM