Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Membeli Saham (Studi Pada Sekolah Pasar Modal yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan BEI Jakarta)

Annika Pramesti Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli saham (studi pada Sekolah Pasar Modal yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan BEI Jakarta). Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode nonprobability sampling. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 orang responden dan data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen peneilitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda melakui uji F dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), dan Lokasi (X4) berpengaruh signifikan terhadap minat membeli. Pada hasil uji t didapatkan bahwa variabel Lokasi mempunyai nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar sehingga berpengaruh dominan terhadap minat membeli. Implikasi penelitian ini adalah perlunya BEI mempertahankan dan meningkatkan Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi dalam rangka meningkatkan Minat Beli pada saham. Hal ini dilakukan antara lain menetapkan peraturan yang ketat mengenai batasan harga saham untuk stock split, mengeluarkan peraturan pada seluruh sekuritas untuk mengeluarkan aplikasi online trading, dan membuat aplikasi yang menarik dan informatif agar calon investor semakin mengerti mengenai investasi saham.

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Minat Membeli, Saham


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.