Analisis Strategi Untuk Keunggulan Bersaing Kedai Kopi Kembang Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki dan dihadapi Kedai Kopi Kembang. Poin-poin tersebut nantinya akan dijadikan dasar perumusan analisis lingkungan internal dan eksternal untuk menghasilkan strategi bersaing yang tepat untuk di terapkan oleh Kedai Kopi Kembang. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Proses analisis melalui 3 (tiga) tahapan yaitu tahap input, tahap pencocokan, dan tahap keputusan. Tahap input terdiri dari matriks IFE dan matriks EFE. Tahap pencocokan terdiri dari matriks SWOT dan analisis Grand Strategy Selection. Tahap terakhir yaitu tahap keputusan menggunakan matriks QSPM. Hasil penelitian menujukan bahwa Kedai Kopi Kembang berada di kondisi yang cukup baik diantara pesaing serupa. Selaras dengan hasil dari tahap keputusan, dibutuhkan sebuah inovasi dalam bentuk produk untuk menjaga kekuatan bersaing Kedai Kopi Kembang. Inovasi yand diciptakan tersebut memerlukan berbagai macam riset pasar dan perlu diuji kelayakannya sebelum dimasukan kedalam menu utama dan menjadi salah satu pembeda Kedai Kopi Kembang dengan pesaing.
Kata kunci : lingkungan internal dan eksternal, IFE, EFE, SWOT, Grand Strategy Selection, QSPM
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.