IMPLEMENTASI VISUAL MERCHANDISING SEBAGAI ALAT STRATEGI PEMASARAN PADA BISNIS RITEL (STUDI PADA DEPARTEMEN BAZAAR BAGIAN TRANSLIVING, TRANSMART MX MALL MALANG)

Tamara Qonita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi, masalah dan penyelesaian dari visual merchandising sebagai alat strategi pemasaran pada divisi Transliving Transmart MX Mall Malang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana penelitian dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan objek pada masa sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Ada 4 hal yang dijadikan sebagai acuan keabsahan data yaitu kredibilitas, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi visual merchandising pada divisi Transliving Transmart MX Mall Malang sudah sesuai dengan teori Sutiono. Terdapat sedikit perbedaan dimana pada teorinya Sutiono hanya menggunakan empat indikator, sedangkan divisi Transliving menambah satu indikator menjadi lima.

Kata kunci: Implementasi, Strategi, Visual Merchandising


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.