ANALISIS PERUMUSAN STRATEGI BISNIS PADA UMKM CLOTHING JOVENS

Achmad Aji Suseno

Abstract


Ketatnya kompetisi didalam berbisnis saat ini menuntut setiap pelaku usaha lebih teliti dan terarah dalam menentukan strategi supaya lebih memfokuskan diri dalam persaingan baik pengembangan produk maupun pemasarannya. Oleh sebab itu pentingnya perumusan strategi bagi pelaku bisnis untuk keberlangsungan jalannya usaha agar dapat bersaing dengan banyaknya pesaing yang ada. Clothing JOVENS merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang fashion menciptakan kaos dengan desain unik berdiri pada tahun 2018 di Grati kabupaten Pasuruan. Selama sekitar satu tahun lebih usaha berjalan, penjualan produk yang ditawarkan Clothing JOVENS bisa dikatakan belum stabil. Minimnya kegiatan pemasaran dan belum maksimal dalam perencanaan menjalankan usaha menjadi penyebab ketidakstabilan penjualan pada Clothing JOVENS. Hal tersebutyang melatarbelakangi untuk melakukan penelitian ini, dengan mengidentifikasi faktor eksternal dan internal usaha Clothing JOVENS, melakukan formulasi strategi, hingga menghasilkan keputusan strategi utama yang tepat guna kelangsungan jalannya usaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dari wawancara dan data sekunder dari dokumentasi danobservasi. Alat analisis yang digunakan adalah Matriks IFE-EFE, SWOT, IE dan QSPM.  Hasilnya menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk digunakan Clothing JOVENS adalah strategi penetrasi pasar, dengan upaya meningkatkan pangsa pasar atau market share dari suatu produk melalui usaha yang lebih besar.

Kata kunci: strategi, analisis SWOT, strategi penetrasi pasar

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.