POTRET KONSUMEN UNIQLO DI JAWA TIMUR: PERSEPSI TENTANG NEGARA ASAL, CITRA MEREK, DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

Boyd Setya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen Uniqlo di Provinsi Jawa Timur mengenai country of origin, brand image, dan keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dan dengan alat bantu kuesioner. Responden dari penelitian ini adalah konsumen Uniqlo di Jawa Timur dengan jumlah sampel sebanyak 110. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Data dari hasil kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskripsi presentase. Berdasarkan hasil analisis deskripsi presentase, mayoritas konsumen Uniqlo menjawab setuju pada variabel country of origin, hal dikarenakan dijadikan konsumen mempertimbangkan negara asal dalam pemilihan produk. Mayoritas konsumen Uniqlo menjawab setuju terhadap variabel brand image, hal ini dikarenakan konsumen Uniqlo memperhatikan citra dari merek Uniqlo dalam pemilihan produknya. Selanjutnya mayoritas konsumen Uniqlo juga menjawab setuju terhadap variabel keputusan pembelian, hal ini dikarenakan konsumen Uniqlo menyadari bahwa dalam melakukan pembelian, konsumen melewati beberapa tahapan atau proses. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan pemasar Uniqlo dapat mengevaluasi produknya dalam memanfaatkan konten keunggulan dari Negara Jepang. Selanjutnya pihak Uniqlo diharapkan bisa menciptakan kualitas produk yang baik, karena akan menciptakan persepsi yang positif terhadap konsumen. Kata kunci: asal negara, brand image, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.