ANALISIS PENERAPAN PERSONAL SELLING PADA USAHA SUPPLIER (Studi Pada Bangga Supplier di Kota Malang)

Mochammad Badrus Sholeh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan terkait dengan strategi personal selling, menganalisis strategi promosi personal selling usaha Bangga Supplier dan memberikan usulan strategi promosi personal selling. Dasar dari perumusan strategi personal selling yang digunakan adalah kondisi internal usaha dan preferensi pasar. Obyek dalam penelitian ini adalah Bangga Supplier yang merupakan usaha supplier di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, perolehannya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa (1) Strategi promosi personal selling yang dilakukan oleh Bangga Supplier masih memiliki beberapa permasalahan, (2) Terdapat sedikit perbedaan antara preferensi konsumen dan calon konsumen dengan strategi promosi personal selling Bangga Supplier saat ini, (3) Permasalahan pada pada tahap pendekatan, tahap presentasi dan demonstrasi, tahap mengatasi keberatan, tahap penutupan, tahap tindaklanjut dan pemeliharaan, (4) Strategi promosi personal selling yang dapat dilakukan adalah pada tahap pendekatan (meningkatkan rasa percaya diri), tahap presentasi (memperhatikan durasi presentasi), tahap mengatasi keberatan (mengenali keberatan yang tersembunyi), tahap penutupan (memberikan calon konsumen jeda waktu), tahap tindak lanjut (meluangkan waktu menanyakan kepastian kerjasama dan tetap menjaga hubungan baik), serta digencarkan dalam melakukan kegiatan pemasaran personal selling.

 

Kata Kunci: Supplier, Personal Selling, Pengembangan usaha


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.