THE INFLUENCE OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), PROFITABILITY, AND FIRM SIZE ON FIRM VALUE (A STUDY ON JAKARTA ISLAMIC INDEX IN THE PERIOD OF 2014-2018)

Devina Stella Nabighah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas (ROE), dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (PBV). CSR diukur menggunakan indeks Global Reporting Initiative (GRI). Populasi penelitian ini adalah perusahaan di Jakarta Islamic Index (JII) yang terdaftar di BEI selama periode 2014-2018. 35 perusahaan dipilih sebagai sampel dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yang ditentukan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan tahunan perusahaan dan laporan keberlanjutan. Data penelitian dan hipotesis dianalisis menggunakan metode analisis regresi berganda menggunakan aplikasi SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan CSR, profitabilitas, dan ukuran perusahaan memiliki efek positif pada nilai perusahaan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pengungkapan CSR, profitabilitas, dan ukuran perusahaan, semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap nilai perusahaan.

Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Profitability, Firm Size, Firm Value, Return to Equity (ROE), Price to Book Value (PBV), GRI


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.