The Role of Corporate Governance and Financial Performance on Company’s Stock Return (Study Case LQ-45 period of 2010-2015)

Anastasya Eka Narwastu Napitupulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari peran internal tata kelola perusahaan dan kinerja keuangan terhadap return saham. Dalam penelitian ini internal tata kelola perusahaan yang digunakan adalah Proses Dewan, Struktur Dewan dan Karakteristik Dewan sedangkan untuk ukuran kinerja Keuangan menggunakan Pengembalian Aset (ROA) dan Pengembalian Ekuitas (ROE). Variabel independen ini sedang dipelajari dampaknya dalam mempengaruhi Return Saham perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan di bawah nominasi LQ-45 IDX dalam tahun 2010-2015. Sampel penelitian ini ada 11 perusahaan selama 6 tahun. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan dan laporan tahunan. Data diproses oleh Microsoft Excel dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS dan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menemukan bahwa Struktur Dewan, Karakteristik Dewan, Pengembalian Aset dan Pengembalian Modal memiliki efek positif terhadap Pengembalian Saham. Karakteristik Dewan dan Pengembalian Ekuitas memiliki dampak positif dan sangat signifikan pada Pengembalian Saham sementara Struktur Dewan dan Pengembalian Aset berdampak positif tetapi kurang signifikan. Namun Proses Dewan, memiliki dampak negatif dan tidak signifikan terhadap nilai Pengembalian Saham

Kata kunci : Struktur Dewan, Proses Dewan, Karakteristik Dewan, Pengembalian Modal, Pengembalian Aset, Pengembalian Saham.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.