THE EFFECT OF E-SERVICESCAPE DIMENSION ON TOKOPEDIA CONSUMER TRUST

Ahmad Ihsan

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari Dimensi E-Servicescape (Aesthetic Appeal, Layout and Functionally, dan Financial Security) terhadap kepercayaan konsumen terhadap website Tokopedia. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, yang menjelaskan hubungan dan pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 200 responden di mana survei dilakukan melalui kuesioner online. Sampel penelitian ini terdiri dari responden yang setidaknya berumur 17 tahun dan pernah melakukan transaksi di Tokopedia. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji -t dan uji f yang diproses melalui perangkat lunak SPSS. Dari hasil pengujian tiga hipotesis, dapat disimpulkan bahwa variabel Aesthetic Appeal, Layout and Functionally, dan Financial Security memiliki pengaruh postif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen Tokopedia. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa meningkatkan Dimensi E-Servicescape Website Tokopedia akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap website.

Kata Kunci: Aesthetic Appeal, Layout and Functionally, Financial Security, EServicescape, Trust


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.