PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Berkategori Sustainable dan Responsible yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2018)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh dimensi ekonomi, lingkungan dan sosial dalam CSRterhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan berkategori sustainable dan responsible dihitung menggunakan Tobins’Q. Besarnya pengungkapan pengaruh CSR diukur dari jumlah skor pengungkapan CSR setiap dimensi berdasarkan pedoman standar GRI. Peneliti menggunakan sumber data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan berkelanjutan dengan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari 63 perusahaan berkategori sustainable dan responsible yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018. Penelitian ini dianalisis dengan model regresi linier berganda yaitu hubungan secara linier antara dua atau lebih antar variabel. Hasil dari analisis penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dimensi ekonomi dalam CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, menunjukkan perusahaan yang berkategori sustainable dan responsible dapat meningkatkan pendapatan dan harga saham; (2) dimensi lingkungan dalam CSR berpengaruh positif ter hadap nilai perusahaan, sehingga perusahaan dapat memberikan manfaat jangka panjang seperti bertambahnya investasi perusahaan; dan (3) dimensi sosial dalam CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sehingga hasil tersebut semakin meningkatkan laba atau untung perusahaan dan mampu memperkuat pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : Dimensi Ekonomi, Lingkungan, dan Sosial, Nilai Perusahaan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.