ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PANJERS JERSEY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecacatan dan keterlambatan proses bisnis dengan menggunakan metode six sigma terhadap Panjers Jersey. Melalui metode survei, wawancara dan juga dokumentasi proses bisnis dengan owner dan juga para karyawan Panjers Jersey. Teknik analisis data menggunakan metode DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) dan menggunakan Poisson Capability Analysis. Berdasarkan hasil pengukuran dari Poisson Capability Analysis dengan menggunakan pengukuran minitab selama bulan Oktober 2019 sampai bulan Januari 2020. Perkiraan ratarata DPU adalah 10.70000. Oleh karena itu, kerusakan pada jersey selesai terjadi, rata-rata, sekali setiap 0,09345794392 (1 / 10.70000) yang berarti masih terjadi banyak kecacatan yang harus diminimalisir oleh Panjers Jersey. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan agar Panjers Jersey dapat meminimalisir kecacatan dan juga keterlambatan produk dengan melakukan Quality Control dengan serius dan benar. Hal ini bertujuan agar Panjers Jersey dapat meneruskan proses bisnis mereka dengan melakukan pengendalian kualitas produk secara terus-menerus dan berkeseimbang dan kesadaran mengenai pengendalian kualitas ini harus dimulai dari top manajemennya sendiri, disertai dengan usaha-usaha yang nyata dari seluruh karyawan untuk mencegah terjadinya kegagalan produk di masa yang akan datang.
Kata Kunci : DMAIC, Proses Bisnis, Six Sigma, Kecacatan, Panjers Jersey
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.