PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, PERSEPSI HARGA, DAN GAYA HIDUP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENU SIGNATURE RESTORAN CEPAT SAJI (Studi Pada Konsumen Burger Big Mac McDonald’s Kota Kediri)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas, persepsi harga, dan gaya hidup konsumen terhadap keputusan pembelian pada konsumen burger Big Mac McDonald’s Kota Kediri. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 150 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik pernah membeli produk burger Big Mac minimal dua kali, usia minimal 17 tahun, dan sedang berdomisili di Kota Kediri. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa persepsi kualitas, persepsi harga, dan gaya hidup konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada uji t diperoleh hasil persepsi kualitas (X1), persepsi harga (X2) dan gaya hidup konsumen (X3) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini diketahui koefisien determinasi (adjusted R 2 ) sebesar 0,525 yang artinya bahwa 52,5% variabel keputusan pembelian akan dipengaruhi oleh variabel independen dalam penelitian ini. Implikasi dalam penelitian ini adalah perusahaan McDonald’s Kota Kediri diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk burger Big Mac yang dihasilkan agar sesuai dengan harga yang ditawarkan, McDonald’s Kota Kediri diharapkan dapat melakukan persepsi harga yang sesuai dengan kualitas dan gaya hidup yang ditawarkan, dan Mcdonald’s Kota Kediri diharapkan dapat memberikan persepsi harga yang cenderung memberikan keuntungan bagi konsumennya.
Kata Kunci: Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Gaya Hidup Konsumen, Menu Signature, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.