ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP PEMBELIAN PRODUK MAKANAN PADA RESTORAN BERSERTIFIKAT HALAL MUI DI KOTA MALANG (Studi Pada Mahasiswa Muslim S1 Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Salsavia Prahita SE

Abstract


Banyaknya penduduk muslim di Indonesia menjadi keuntungan tersendiri bagi berbagai pelaku ekonomi.Keuntungan dari sisi produksi, distribusi dan konsumsi. Selain itu permintaan yang tinggi di kalangan masyarakat muslim menjadikan gaya hidup halal sebagai sebuah tren baru yang ada di masyarakat. Dengan jumlah penduduk muslim yang tinggi, maka dapat menjadi potensi yang sangat besar terhadap pangsa pasar konsumsi makanan halal yang ada di Kota Malang. Makanan dan minuman merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi manusia, selain pakaian dan tempat tinggal. Keduanya diibaratkan sebagai sebuah kekuatan yang membantu manusia untuk terus bertahan hidup dari segala macam aktivitas yang dilakukan. engonsumsi produk halal menurut keyakinan agama dan/atau demi kualitas hidup merupakan hak warga negara yang dijamin Undang-Undang Dasar 1945. Oleh karena itu, mengonsumsi produk halal merupakan persoalan sosial yang ada di masyarakat dan juga menjadi tanggung jawab negara. Negara harus dapat menjamin kehalalan dari suatu produk. Penelitian ini memperlihatkan preferensi mahasiswa muslim program studi Ekonomi Islam Universitas Brawijaya dalam membeli produk makanan yang bersertifikat halal MUI di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan alat analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah variabel halal dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap preferensi konsumen sedangkan variabel harga memiliki pengaruh yang tidak signifikan.

Kata kunci: Preferensi Konsumen, Makanan Halal. Analisis Statistik Deskriptif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.