ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT MUSLIM, EFISIENSI DAN KEAMANAN BERTRANSAKSI TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY (Studi Kasus Pada Milenial Muslim Kota Malang Pengguna Aplikasi OVO)

Nanda Putri Jelita

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, salah satunya dalam Financial Technology (Fintech). Di Indonesia dari awal terbitnya e-money, setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah emoney yang beredar. Namun jumlah emoney yang beredar lebih kecil dibandingkan jumlah penduduk Indonesia dalam kalangan usia produktif. Dapat ditarik kesimpulan bahwa masih ada masyarakat Indonesia di usia produktif yang masih belum menggunakan e-money. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Persepsi Masyarakat Muslim, Efisiensi dan Keamanan Bertransaksi Terhadap Minat Penggunaan Ulang E-money. Hubungan antara Persepsi Masyarakat Muslim, Efisiensi dan Keamanan Bertransaksi secara parsial dan simultan terhadap Minat Penggunaan Ulang E-money. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kaum milenial muslim Kota Malang pengguna aplikasi OVO. Sampel yang diambil menggunakan rumus untuk jumlah populasi yang tidak diketahui dengan hasil sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kusioner kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi Masyarakat Muslim memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Penggunaan e-money dibuktikan dengan koefisien jalur sebesar 0,256 dan t statistik sebesar 2,574 nilai tersebut lebih besar dari t tabel (1,96) atau p ≤ 0,05. Efisiensi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Penggunaan e-money dibuktikan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,386 dengan nilai t statistik sebesar 4,142. Nilai tersebut lebih besar dari t tabel (1,96) dan signifikan atau p ≤ 0,05. Dan Keamanan Bertransaksi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan e-money di buktikan dengan koefisien jalur sebesar 0,312 dan t statistik sebesar 3,518 lebih besar dari t tabel (1,96) dan signifikansi p-value 0,001 < 0,05. Berdasarkan perhitungan dengan koefisien determinasi diperoleh nilai R Square Minat Penggunaan E-money sebesar 0,5774, nilai tersebut menunjukkan variabel Minat Penggunaan E-money (Y) dipengaruhi oleh Persepsi Masyarakat Muslim (X1), Efisiensi (X2), Keamanan Bertransaksi (X3) sebesar 57,74% sedangkan sisanya 42,26% di pengaruhi oleh variabel lain di luar yang diteliti.

Kata Kunci: Persepsi Masyarakat Muslim, Efisiensi, Keamanan Bertransaksi, Minat penggunaan e-money


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.