Implementasi Strategi CSR (Corporate Social Responsibility) Pada PT. Petrokimia Gresik

Arief Faladia Mukti, Sri Palupi Prabandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan CSR dan juga mengevaluasi proses pelaksanaan CSR itu sendiri yang menyangkut permasalahan dari adanya program CSR yang sudah dijalankan selama tahun 2011. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif merupakan metode penelitian yang menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini atau saat lampau dengan persoalan CSR yang terjadi di PT. Petrokimia Gresik. Fokus penelitian ini terdapat pada data yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan pihak Departemen Hubungan Masyarakat dan Kemitraan dan Bina Lingkungan PT. Petrokimia Gresik dan juga data yang diberikan oleh perusahaan. Kedua data tersebut dapat mendeskripsikan proses pelaksanaan CSR dan program-program CSR yang sudah dijalankan pada tahun 2011. Selain itu dari kedua data tersebut analisis terhadap mekanisme pelaksanaan CSR dapat dilakukan dengan melihat fakta yang terjadi selama berlangsungnya kegiatan CSR. Hasil dari evaluasi terhadap proses pelaksanaan CSR yaitu masih adanya permasalahan yang krusial dihadapi perusahaan. Masalah utama yang terjadi adalah Permasalahan pada program bantuan sarana dan prasarana umum yang timbul karena adanya komplain dari masyarakat yang selalu merasa tidak puas atas program CSR yang telah dilakukan perusahaan, Permasalahan pada program bantuan kesehatan masyarakat yang masih adanya penyelewengan dalam penyaluran dana yang dilakukan oleh lembaga desa terkait, dan Munculnya masalah yang tidak terduga dalam pelaksanaan program CSR yang mengganggu program bantuan kesehatan masyarakat. Adapun solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan CSR perusahaan yaitu Meningkatkan intensitas komunikasi dengan masyarakat dan melakukan diskusi dengan stakeholder-stakeholder  utama, Perusahaan harus bekerjasama dengan lembaga terkait dan memonitoring dengan melibatkan karyawan dan juga pihak-pihak lain yang menjadi sasaran dari komitmen CSR, dan  Perusahaan sebaiknya memberikan pemahaman bagi masyarakat jika terjadi hal yang tidak diinginkan dan menyusun rencana aksi apabila terjadi bencana.

Kata Kunci : Implementasi Strategi, Mekanisme Pelaksanaan CSR, Permasalahan dan Pemecahan Masalah CSR


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.