ANALISIS REKRUTMEN TENAGA KERJA INDUSTRI KREATIF (STUDI DI PERUSAHAAN 24SLIDES MALANG)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyerapan tenaga kerja pada industri kreatif. Adapun rumusan masalah
pada penelitian ini adalah pertama, bagaimana proses mekanisme rekrutmen tenaga kerja di perusahaan 24Slides
malang. Kedua, menganalisis kriteria ideal yang sesuai dengan perusahaan 24Slides malang. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Untuk metode
pengumpulan data penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu wawancara, observasi dan telaah dokumen. Untuk
menguji validitas data, penelitian ini menggunakan uji triangulasi untuk menguji kredibilitas dan mencari keabsahan
data yang sudah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses mekanisme rekrutmen tenaga kerja di
perusahaan 24Slides mempunyai dua mekanisme yaitu rekrutmen terbuka dan melalui Internship Development
Program (Magang). Perusahaan 24Slides menetapkan kriteria ideal yang sesuai bagi tenaga kerjanya antara lain yang
pertama adalah mempunyai karakter yang sesuai dengan culture fit perusahaan, kedua mempunyai keahlian di bidang
yang digeluti, ketiga memiliki kemampuan dalam menguasai teknologi, keempat kreativitas dan yang terakhir mampu
menguasai Bahasa asing.
Kata Kunci: Tenaga Kerja, Industri Kreatif, Rekrutmen, Mekanisme, Kriteria
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.