PENGARUH BRAND AMBASSADOR, IKLAN, DAN HARGA TERHADAP MINAT PEMBELIAN MIE SEDAAP OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Darina Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand ambassador, iklan, dan harga terhadap minat pembelian Mie Sedaap oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling jenis purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 80 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jawaban yang diukur menggunakan skala likert. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS version 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador, iklan, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian. Uji Hipotesis mencakup uji goodnes of fit dan uji t, uji goodness of fit diperoleh fhitung>ftabel sehingga model regresi yang dihasilkan sudah sesuai dan dapat digunakan untuk memprediksi hasil pengaruh. Hasil uji t diperoleh semua thitung>ttabel sehingga disimpulkan bahwa variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian secara parsial. Implikasi pada penelitian ini adalah Mie Sedaap harus tetap mempertahankan Choi Siwon sebagai brand ambassador dikarenkan populer serta image yang sesuai dengan Mie Sedaap, Mie Sedaap harus tetap mepertahankan iklannya dikarenakan iklan tersebut cukup sukses, harga yang terjangkau harus tetap dipertahankan oleh Mie Sedaap dan tentunya juga harus tetap memberikan produk yang berkualitas.

Kata Kunci: brand ambassador, iklan, harga, dan minat pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.