PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER, KONGRUENSI ANTARA ENDORSER DENGAN PRODUK, DAN BRAND ATTITUDE TERHADAP MINAT BELI (STUDI PADA SITUS BELANJA ONLINE TOKOPEDIA)

Frizka Ayu Larasati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan pesat yang dialami oleh sektor e-commerce di Indonesia, dimana tercatat oleh Bank Indonesia pada tahun 2019 penghasilan yang didapatkan dari transaksi belanja online mencapai US$ 10 Miliar. Karena perkembangannya tersebut, maka banyak bermunculan pemain e-commerce di Indonesia dan Tokopedia adalah salah satu pemain e-commerce top di Indonesia. Tokopedia menggunakan periklanan sebagai media untuk promosi, juga memberikan konsumen sebuah pengalaman dalam berbelanja online yang dapat mendorong minar beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas endorser, kongruensi antara endorser dengan produk, dan brand attitude terhadap minat beli. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survey. Sampel berjumlah 200 responden dengan teknik pengambila purposive sampling. Uji instrumen pada penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisis statistik pada penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda yang dibantu dengan software SPSS versi 24. Hasil analisis menunjukkan bahwa kredibilitas endorser, kongruensi antara endorser dengan produk, dan brand attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.

Kata Kunci: kredibilitas endorser, kongruensi antara endorser dengan produk, brand attitude, minat beli, e-commerce.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.