STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA THRIFT’S TROVE

Audia Ramadhanti

Abstract


Thrift’s Trove adalah sebuah bisnis yang bergerak di bidang fashion dan selama berdirinya usaha ini, Thrift’s Trove belum bekerja secara optimal dalam menggaet para konsumennya. Hal ini juga didasari dari belum terpenuhinya beberapa rencana jangka pendek hingga rencana jangka panjang yang telah ditargetkan oleh bisnis ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keadaan lingkungan bisnis dan menentukan strategi pengembangan pada bisnis Thrift’s Trove. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasif, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis permasalahan yang digunakan yaitu pendekatan 5-I (Initiate, Inquire, Imagine, Innovate, Implement) dan analisis SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan bisnis yang dijadikan prioritas dan dapat dilakukan yaitu: (1) strategi I yaitu strategi pasar dengan cara mencari pelanggan baru pada pasar yang sudah ada; (2) strategi II yaitu menambah diferensiasi produk berupa aksesoris lainnya seperti tas, bandana, topi, dsb.; (3) strategi III yaitu membuat konten yang memotivasi dan menarik perhatian konsumen agar tertarik, berminat, dan menyukai thrift shopping sebagai bagian dari pakaian sehari-hari (daily wear).

Kata kunci: pendekatan 5-I, analisis SOAR, strategi pengembangan bisnis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.