PENGARUH DAYA TARIK WISATA, LOKASI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN PADA TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU

Mohammad Bagas Adilarif

Abstract


Konteks penelitian ini berfokus pada pengaruh daya tarik wisata, lokasi, dan harga terhadap keputusan berkunjung wisatawan yang ada pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh daya tarik wisata, lokasi, dan harga terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh wisatawan yang pernah mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan menggunakan sampel sebanyak 154 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi dengan program SPSS 24. Beberapa uji seperti uji instrument yang meliputi validitas dan reabilitas, uji t dan uji F dilakukan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, (2) variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, (3) Sementara, variabel lokasi tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan adanya variabel daya tarik wisata dan harga, maka akan dapat mendorong keputusan berkunjung wisatawan pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. 2

Kata Kunci: Daya Tarik Wisata, Lokasi, Harga, Keputusan Berkunjung Wisatawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.