ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI KOTA BATU DALAM MELAPORKAN SPT TAHUNAN MELALUI E-FILING : INTEGRASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB)

Nova Tiara Anisa Brilianti

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Batu dalam pelaporan SPT Tahunan melalui e-filing. Faktor-faktor tersebut diukur menggunakan integrasi Technology acceptance model (TAM) dan Theory of planned behavior (TPB). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik survei dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Data penelitian ini diambil dari wajib pajak orang pribadi Kota Batu dengan metode pengambilan sampel convenience. Data yang dapat diolah sebanyak 130 kuesioner dari 139 kuesioner yang terkumpul. Untuk menguji hubungan variabel penelitian ini menggunakan Partial Least Square dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat wajib pajak orang pribadi Kota Batu dalam melaporkan SPT Tahunan melalui efiling dipengaruhi oleh sikap dan norma subjektif. Sikap dipengaruhi oleh persepsi kegunaan dan ekuitas pajak. Norma subjektif dipengaruhi oleh pengaruh interpersonal dan pengaruh eksternal. Persepsi kontrol perilaku dipengaruhi oleh kondisi fasilitas dan self efficacy. Namun persepsi kontrol perilaku tidak mempengaruhi minat wajib pajak orang pribadi dalam melaporkan SPT Tahunan melalui e-filing.

Kata Kunci : Persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi risiko, kompleksitas, ekuitas pajak, pengaruh interpersonal, pengaruh eksternal, self efficacy, kondisi fasilitas, sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, dan e-filing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.