ANALISIS FLYPAPER EFFECT PADA BELANJA DAERAH (STUDI KOMPARASI KABUPATEN/KOTA DI PULAU JAWA DENGAN LUAR PULAU JAWA PADA TAHUN 2014-2018)

Christine Tiolina Siahaan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif yang dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap belanja daerah serta fenomena flypaper effect pada kabupaten/kota di Pulau Jawa dengan Luar Pulau Jawa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah kabupaten/kota di Indonesia yang berasal dari publikasi Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan. Sampel pada penelitian ini adalah kabupaten/kota di Provinsi Banten yang mewakili Pulau Jawa serta Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Barat yang mewakili Luar Pulau Jawa. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah belanja daerah sedangkan variabel independennya adalah pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dana bagi hasil, dana alokasi khusus. Metode yang digunakan adalah analisis data panel dengan menggunakan alat bantu STATA 14.2. Hasil analisis di Provinsi Banten menunjukkan tidak terjadi fenomena flypaper di Pulau Jawa sedangkan hasil di Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Barat menunjukkan terjadi fenomena flypaper effect di Luar Pulau Jawa.

Kata Kunci: Flypaper Effect, Belanja Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Dana Bagi Hasil


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.