Pengaruh Advertising Value Terhadap Customer Retention Melalui Brand Awareness (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menonton Iklan Gojek Cerdikiawan Di Youtube)

Zeinul Muklasin Al Qodar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertising value dan brand awareness terhadap customer retention Gojek pada mahasiswa Universitas Brawijaya baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan atau pengaruh antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 133 responden yang diambil dari populasi mahasiswa Universitas Brawijaya. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probabilty sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari responden yang merupakan mahasiswa Universitas Brawijaya, berusia minimal 17 tahun, dan pernah menonton iklan Gojek Cerdikiawan di Youtube. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan uji sobel test. Teknik analisis data menggunakan analisis PLS (Partial Least Squares) dan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dengan menggunakan program Smart PLS3.0. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel advertising value mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap brand awareness dan customer retention Gojek. Brand awareness mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap customer retention. Serta variabel advertising value mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap customer retention pada Gojek yang dimediasi oleh brand awareness.

Kata kunci: Advertising Value, Brand Awareness, Customer Retention


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.