PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2018

HARDIKA MAS HIMAWAN

Abstract


Nilai perusahaan yang tinggi mencerminkan kesejahteraan pemiliknya serta akan menarik investor untuk menanamkan modalnya. Nilai perusahaan ini dapat dicerminkan melalui harga sahamnya di pasar. Nilai perusahaan yang go public di pasar modal tercermin dalam harga saham perusahaan, sedangkan nilai perusahaan yang belum go public nilainya terealisasi apabila perusahaan akan dijual, prospek perusahaan, risiko usaha, lingkungan usaha dan lain-lain. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan memberi bukti empiris mengenai profitabilitas,ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti danreal estate di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang ditentukan adalah sebanyak 21 perusahaan properti danreal estate yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sebanyak 17 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel dalam penelitian ini. Periode pengamatan dalam penelitian ini adalah tahun 2016-2018. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate yang go publicdi BEI, ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate yang go public di BEI,leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate yang go public di BEI.


Kata Kunci:rofitabilitas, ukuran perusahaan,leverage, nilai perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.