PENGARUH PENDAPATAN, PENGETAHUAN ZAKAT DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT (STUDI MASYARAKAT KOTA MALANG)

Devi Nur Hamidah

Abstract


Zakat adalah sebagian dari harta tertentu dengan persyaratan tertentu (seperti nishab) untuk dibagikan kepada kelompok tertentu yang harus diserahkan kepada orang-orang yang berhak. potensi zakat di Indonesia pada tahun 2015 mencapai Rp. 286 triliun (2,4% dari PDB 2015). Namun, pembayaran zakat di Indonesia masih dilakukan dengan cara informal. Apabila pembayaran secara formal dilakukan, semua dana zakat dikumpulkan di OPZdapat disalurkan kepada semua golongan tersebut, maka ini akan dapat mengurangi kemiskinan. Karena jumlah penduduk miskin di Indonesia tidak bertumpu pada satu tempat. Pentingnya menyalurkan dana zakat melalui OPZ maka para muzakki dapat memilih menyalurkan zakatnya di BAZNAS atau LAZ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling purposive sampling bagi muzakki yang pernah membayar zakat di LAZ Kota Malang. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendapatan, pengetahuan, dan kualitas layanan secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan muzakki di Kota Malang dalam membayar zakat melalui LAZ.

Kata Kunci: LAZ, Pendapatan, Pendapatan, Pengetahuan Zakat, Kualitas Layanan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.