PENGARUH KESADARAN HALAL, PENGETAHUAN DAN KEMUDAHAN MENDAPAT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERAWATAN PRIBADI DAN KOSMETIK HALAL (Studi Kasus pada Mahasiswa Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Nadhilah Zatil Iman

Abstract


Industri kosmetik halal mengalami perkembangan dalam beberapa tahun terakhir. State of the Global Islamic Economy (2019) menyatakan bahwa Muslim global menghabiskan US$64 juta pada sektor kosmetik halal. Sektor ini terdiri dari produk make up, parfum, dan perawatan pribadi. Indonesia, dengan jumlah penduduk Muslim tertinggi di dunia, merupakan pasar potensial untuk produk-produk perawatan pribadi dan kosmetik halal. Banyaknya muslim di Indonesia membuat konsumsi produk halal menjadi salah satu bagian dari gaya hidup, yang dipengaruhi oleh keyakinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran, pengetahuan dan kemudahan mendapat produk terhadap keputusan pembelian produk perawatan pribadi dan kosmetik halal. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh melalui kuisioner dengan skala Likert 1-4. Populasi penelitian merupakan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Logistik (LOGIT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa ketiga variabel bebas; kesadaran halal, pengetahuan dan kemudahan mendapatkan produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk perawatan pribadi dan kosmetik halal.

Kata kunci: kesadaran halal, pengetahuan, kemudahan mendapat produk, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.