ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN, KESESUAIAN HARGA, PEMAHAMAN AGAMA, DAN ETIKA KONSUMSI ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN HIJAB (Studi Kasus Mahasiswi Muslim Universitas Brawijaya Malang)

Ica Yayanriani

Abstract


Gaya hidup menuntut masyarakat untuk mengikuti setiap detail perubahannya pada era modern ini. Fashion menjadi senjata setiap berpenampilan, baik fashion busana atau hijab. Fashion hijab yang semakin bervariasi mendorong remaja-remaja muslimah untuk menggunakan hijab yang trend pada zaman sekarang ini. Seiring dengan keingnan konsumen yang berubah menjadi gaya hidup membuat pola dalam berkonsumsi juga akan berubah. Kesan dalam hijab yang terlihat modis dan menarik menjadikan hijab tidak hanya digunakan sebagai penutup aurat tetapi sebagai salah satu gaya berbapakaian terlihat menarik dan kekinia. Hijab kini bukan lagi sebagai kebutuhan tetapi sebuah keinginan untuk mengikuti trend fashion. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendapatan dan kesesuaian harga tidak memiliki pengaruh positif terhadap keputusan penggunaan hijab. Dimana terdapat dua variabel yang memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan hijab yakni variabel pemahaman agama dan etika konsumsi islam, yang artinya seseorang yang menggunakan hijab akan memperhatiakan etika dalam konsumsi dan memperhatikan pemahaman agamanya. Semakin tinggi pemahaman agama yang dimiliki seseorang maka semakin rendah pengambilan keputusannya dalam memakai hijab sebaliknya, semakin rendah pemahaman agama maka semakin tinggi pengambilan keputusan dalam memakai hijab.

Kata kunci : Keputusan Konsumen, perilaku konsumen, Pendapatan, Kesesuaian Harga, Pemahaman Agama, Etika Konsumsi Islam


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.