IMPLEMENTASI MACHINE LEARNING PADA APLIKASI PENJUALAN PRODUK DIGITAL (STUDI PADA GRABKIOS)

Affif Surya Diantika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi machine learning pada aplikasi penjualan produk digital, yaitu GrabKios. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Metode PIECES dari James Wetherbe. Data dianalisis dengan enam komponen yaitu Performance (Kinerja), Information (Informasi), Economy (Ekonomi), Control (Pengendalian/Keamanan), Efficiency (Efisiensi), dan Service (Layanan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi machine learning pada aplikasi GrabKios sudah cukup baik dari segi performa dalam melakukan transaksi dan verifikasi, kelengkapan informasi mengenai transaksi dan sistem rekomendasi, membantu meningkatkan pendapatan penggunanya, dan juga sebagai sistem yang aman, cepat, dan akurat yang menjadi kunci pelayanan yang maksimal kepada penggunanya.

Kata kunci : Aplikasi Penjualan Produk Digital, GrabKios, Metode PIECES, Machine Learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.