PENERAPAN AKSIOMA ETIKA ISLAM DALAM BISNIS PERHOTELAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN (Studi Kasus Hotel Radho Syariah)

Amalia Arifiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Nilai-Nilai dari Aksioma Etika Islam terhadap Preferensi Konsumen Hotel Radho Syariah. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan variabel Eksogen Nilai Tauhid (X1), Keseimbangan dan Keadilan (X2),Kebebasan (X3), Tanggung Jawab (X4) dengan variabel Moderasi Kualitas Pelayanan (Xm). Sedangkan variabel Endogen yang digunakan adalah Preferensi Konsumen (Y) yang akan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS), penelitian mengolah data yang diperoleh dari 100 responden pada konsumen Hotel Radho Syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa Nilai Tauhid (X1), Keseimbangan dan Keadilan (X2),Kebebasan (X3), Tanggung Jawab (X4) dan Kualitas Pelayanan (Xm) dengan indikator-indikatornya secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Preferensi Konsumen (Y). Penelitian ini menyimpulkan bahwa Nilai Tauhid, Keseimbangan dan Keadilan, Kebebasan, Tanggung Jawab dengan variabel Moderasi Kualitas Pelayanan dapat menguatkan ke $ variabel Eksogen dan meningkatkan Preferensi Konsumen pada Hotel Radho Syariah.
Keyword: Nilai Tauhid, Keseimbangan dan Keadilan, Kebebasan,             Tanggung Jawab, Kualitas Pelayanan, Preferensi Konsumen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.