ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBAYARAN WAKAF SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA)

Muhammad Salman Baqi

Abstract


Wakaf merupakan salah satu bentuk kegiatan ibadah yang sangat dianjurkan karena akan selalu mengalirkan pahala bagi orang yang berwakaf. Seiring dengan perkembangan teknologi, permasalahan wakaf uang di Indonesia mendapatkan titik terang yakni dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja berbasis online. Tetapi, perlu diadakan penelitian lebih lanjut tentang keberterimaannya oleh masyarakat khususnya mahasiswa. Keberterimaan mahasiswa terhadap wakaf online tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, persepsi kemudahan, persepsi kebermanfaatan, pengetahuan, religiusitas, dan akses informasi. Penelitian ini bertujuan melihat keterkaitan faktor-faktor tersebut dalam mempengaruhi keberterimaan mahasiswa terhadap wakaf online. Secara khusus, penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh faktor persepsi kemudahan, persepsi kebermanfaatan, pengetahuan, religiusitas, dan akses informasi dalam mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap pembayaran wakaf secara online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data primer melalui kuesioner yang telah dibagikan dan diisi oleh sejumlah responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan melihat hubungan dari inner model dan outer model. Penelitian ini menganalisis bentuk dari inner model dan outer model yang diolah menggunakan SMART-PLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan tingkat pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keberterimaan wakaf online. Sedangkan variabel tingkat religiusitas dan akses informasi berpengaruh tidak signifikan terhadap keberterimaan wakaf online.

Kata kunci: Wakaf, Wakaf Online. Partial Least Square.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.