OPTIMALISASI POTENSI RETRIBUSI PARIWISATA PANTAI TERHADAP PENDAPATAN ASLI DESA DI KABUPATEN BLITAR (STUDI KASUS PANTAI TAMBAKREJO, PANTAI SERANG, DAN PANTAI JOLOSUTRO)

Eky Prista

Abstract


Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif deskriptif yang dilakukan untuk mengatahui potensi retribusi pariwisata pantai terhadap pendapatan asli desa di Kabupaten Blitar dengan studi kasus Pantai Tambakrejo, Pantai Serang, dan Pantai Jolosutro. Penelitian ini menggunakan data primer dari wawancara Pemerintah Desa selaku pengelola tempat wisata dan data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar sebagai pendukungdata primer. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Potensi Retribusi Daerah, Forcasting ARIMA Box-Jenkins dengan alat bantu uji yaitu eview , dan Analisis SWOT Strategi Pengembangan Pariwisata Pantai. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa potensi retribusi pariwisata Pantai Tambakrejo, Pantai Serang, dan Pantai Jolosutro belum tergali secara optimal dan berdasarkan analisis forecasting ARIMA BoxJenkins diprediksi penerimaan retribusi pantai meningkat secara signifikan dengan asumsi tidak terdampak pandemi Covid-19. Sedangkan dengan dilaksanakan MOU/perjanjian kerja sama tahun 2018 tentang pengelolaan wisata Pantai Tambakrejo, Pantai Serang, dan Pantai Jolosutro berdampak positif terhadap pendapatan asli desa.

Kata kunci: Retribusi Daerah, Retribusi Pariwisata, Pendapatan Asli Desa, Pendapatan Asli Daerah, MOU/Perjanjian Kerjasama Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Wisata Pantai, Kabupaten Blitar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.