ANALISIS DETERMINAN UNDERPRICING SAHAM (Studi pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2016 –2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi terjadinya underpricing, yaitu Debt Equity Ratio, Return On Equity, Current Ratio, reputasi underwriter, persentase penawaran saham dan ukuran perusahaan. Sampel penelitian ini merupakan perusahaan yang melakukan IPO tahun 2016-2019 dan mengalami underpricing. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 127 perusahaan yang diperoleh dengan metode judgment sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reputasi underwriter dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif terhadap underpricing. Sebaliknya, hasil penelitian ini menunjukkan Debt Equity Ratio, Return On Equity, Current Ratio, dan persentase penawaran saham tidak memiliki pengaruh terhadap underpricing. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa reputasi underwriter yang termasuk ke dalam 20 mostactive brokerage dan ukuran perusahaan dapat menentukan tingkat underpricing saham. Dalam hal ini, semakin baik kedua faktor tersebut, akan membuat tingkat underpricing semakin rendah karena emiten dan underwriter dapat menyepakati harga saham perdana yang tinggi sehingga dapat mengurangi terjadinya underpricing.
Kata kunci: Underpricing, Debt Equity Ratio, Return On Equity, Current Ratio, reputasi underwriter, persentase penawaran saham, ukuran perusahaan, Initial Public Offering.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.