ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH dan RELIGIUSITAS MUSLIM TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PRODUK BANK SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Kota Malang)

Debbie Julia Gibson

Abstract


Krisis moneter pada tahun 1997-1998 memunculkan era baru bagi perbankan syariah. Cukup stabilnya perbankan syariah dalam menghadapi krisis, membuat berbagai kalangan mulai melirik perbankan syariah sebagai salah satu entitas keuangan yang dapat diandalkan dalam berbagai situasi. Dari sini lah perkembangan perbankan syariah sangat pesat. Perkembangan tersebut membuat produk dan jasa layanan syariah begitu beragam. Namun, hal ini tentunya harus diimbangi dengan pengetahuan dari segi konsumen sebagai pengguna produk dan jasa perbankan syariah agar konsumen dapat berperilaku rasional dalam memilih produk (Maski, 2010). Hal tersebut juga sesuai dengan salah satu unsur penting dalam perilaku konsumen yaitu adanya interaksi antara pengaruh kognisi, perilaku dan kejadian sekitar. Selain literasi keuangan syariah terdapat faktor lain yang mempengaruhi keputusan seseorang dalam menggunakan produk perbankan syariah. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Padmaninggar (2016) menunjukkan bahwa selain pengetahuan, religiusitas juga signifikan mempengaruhi minat mahasiswa untuk menggunakan produk bank umum syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah dan religiusitas muslim pada masyarakat Kota Malang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh masyarakat Kota Malang yang menggunakan produk bank syariah. Sedangkan, sampel pada penelitian ini yaitu pengguna produk bank syariah yang menetap atau berdomisili di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi analisis berganda. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner online dengan menggunakan Skala Likert 1-5. Penelitian ini menunjukkan bahwa Literasi Keuangan Syariah dan Religiusitas Muslim berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan produk bank syariah.

Kata kunci: Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Keputusan konsumen, Produk bank


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.