DETERMINAN DAYA SAING UMKM: STUDI EMPIRIS INDUSTRI FASHION DI KOTA BANDUNG

Arrafif Pratama Zaini

Abstract


Peneltian ini bertujuan untuk menguraikan faktor-faktor yang memengaruhi daya saing UMKM melalui tiga aspek utama, yang meliputi penggunaan teknologi pada bidang pendanaan dan sistem pembayaran, serta faktor adanya akses informasi yang didapatkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif dengan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner skala likert pada para pelaku UMKM pada bidang indsutri fesyen di Kota Bandung. Data yang didapatkan diolah dalam rangkaian analisis deskriptif untuk mengetahui persebaran serta disktribusi frekuensi dari data yang diperolah. Kemudian dilakukan pengujian outer dan inner model menggunakan program PLS untuk mengetahui validitas, reliabilitas dan koefisien pengaruh antar variabel serta indikatornya. penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perilaku berbagi informasi serta penggunakan teknologi pada sistem pembayaran (payment gateaway) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan daya saing UMKM.

Kata kunci: industri kreatif, teknologi keuangan, modal sosial, daya saing UMKM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.